Kami Hadir dengan Smart Metering System

Smart Metering System
keunggulan menggunakan Smart Metering System adika tirta daya

Smart Metering System merupakan sebuah perangkat dengan alat ukur yang berbasis internet. Sistem ini digunakan dalam pengukuran penggunaan energi, seperti air, listrik  atau gas alam dari sebuah fasilitas atau infrastruktur fisik, seperti bangunan,  perumahan, dan semacamnya.  Manfaat dari penggunaaan smart meter ini diantaranya adalah untuk memantau tingkat penggunaan pelanggan dalam mengoptimalkan kuantitas distribusi energi kepada pelanggan dan meminimalisir kebocoran atau hal lain yang dapat menimbulkan kerugian dari perusahaan tersebut seperti pada perusahaan energi maupun sektor industri kawasan komersial.

Nah, Saat ini kami PT Adika Tirta Daya, memiliki produk baru yaitu Smart Metering System yang dapat memberikan trobosan baru  sebagai solusi atas masalah dalam kasus kehilangan atau kebocoran air yang terjadi pada Perusahaan Air Minum Daerah maupun sektor industri kawasan komersial. Dengan menggunakan Smart Metering System (SMS) akan membantu Anda dalam melakukan penghitungan penggunaan air dan penghitungan tagihan kepada pelanggan secara jauh lebih akurat. Pada dasarnya, SMS ini  merupakan salah satu cara untuk mengukur berapa banyak air yang digunakan oleh pelanggan atau konsumen, sehingga jumlah penggunaan yang telah disesuaikan dengan harganya dapat dihitung secara otomatis.  Tidak akan ada lagi tunggakan pembayaran dari pelanggan ataupun kelebihan bayar dari pelanggan dan tentu saja tidak akan terjadi kehilangan atau kebocoran air seperti ketika menggunakan pengukur mekanik yang manual.

Dalam Smart Metering System (SMS) ini kami menggunakan alat berupa smart water meter yang memiliki fitur sebagai berikut:

–          Integrated vending system (mobile apps)

–          Pay as you go (token generator, close valve automatically)

–          Reporting (daily, monthly, yearly)

–          Easily monitor consumption

Kemudahan dari sistem yang ada dalam smart water meter kami adalah sebagai berikut: 

  • Terintegrasi dalam aplikasi seluler (mobile application), 
  • Mode pengoperasian prabayar (token generator)
  • Valve yang menutup secara otomatis jika saldo telah habis
  • Teknologi GPRS (2G/3G/4G), 
  • Realtime report
  • Laporan penggunaan harian, bulanan dan tahunan yang akurat 

Dengan sistem yang berbasis jaringan (web) dan terintegrasi dalam aplikasi seluler, pengguna alat ini dapat dengan mudah memanfaatkan mode aplikasi prabayar dengan melakukan isi ulang (top up) saldo melalui aplikasi yang sudah tersedia. Selain itu valve akan menutup secara otomatis jika saldo telah habis. Kemudian, dengan teknologi GPRS (2G/3G/4G) yang tersedia, akan membantu alat untuk memberikan laporan secara detil, dari waktu ke watu (realtime), sehingga dapat diperoleh laporan penggunaan harian, bulanan dan tahunan yang jauh lebih akurat.

keuntungan dalam menggunakan Smart Metering System dari PT Adika Tirta Daya.

  • Tidak ada lagi tunggakan

Semua tagihan akan rutin terbayar, tidak ada lagi tunggakan pembayaran

  • Proses tagihan yang lebih cepat

Tagihan dapat diproses lebih cepat dengan vending system yang terintegrasi

  • Meningkatkan cashflow

Penggunaan air pelanggan sudah pasti terbayar, cashflow akan lebih lancar

  • Pay as you go

Pembayaran dilakukan sesuai dengan penggunaan dan valve akan tertutup secara otomatis jika saldo habis
Menerapkan  Smart Metering System ini akan meningkatkan perfomansi dalam memberikan layanan kepada pelanggan dalam jangka panjang, memberikan potensi laba yang besar dan tentu saja meringankan beban kerja dalam pengoperasian serta perawatan alat yang digunakan dalam distribusi air oleh Perusahaan Air Minum Daerah atau sektor industri Kawasan Komersil. sSelain itu, pelanggan pun dapat mengontrol penggunaan air dengan baik dan tidak khawatir terjadi pemborosan yang tidak perlu. Smart Water Meter memang akurat dan hemat. (Pradana)

Tinggalkan Balasan