Kelebihan Filter Air RO dalam Meningkatkan Standar Air Minum

Kelebihan filter air RO – Permasalahan akses air bersih di Indonesia tampaknya tidak kunjung usai. Hal ini disebabkan oleh laju pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, disertai juga dengan kualitas air bersih yang layak dikonsumsi terus berkurang.  Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) menunjukkan kalau 92,44% masyarakat Jakarta mampu mengakses sumber air minum layak, namun pada tahun 2017 justru mengalami penurunan menjadi 88,93%. Dari data ini jelas telah membuktikan bahwa pertumbuhan penduduk mempengaruhi kualitas air bersih dalam satu lingkungan. 

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, untuk mengatasi berkurangnya kualitas air minum, salah satu solusi yang dapat Anda pertimbangkan adalah teknologi reverse osmosis (RO). Bagi Anda yang masih awam dengan hal ini, perlu diketahui pada dasarnya sistem air RO adalah instalasi penyulingan dengan cara memberikan tekanan tinggi pada aliran air, sehingga nantinya akan terjadi pemisahan ion dalam molekul air dan membentuk barrier. Lalu, untuk menghalangi kontaminan atau juga bakteri yang ada di dalamnya, filter ini dilengkapi dengan membran dengan pori-pori sangat kecil untuk penyaringan.

Sistem air RO sendiri bekerja dengan mengombinasikan beberapa filter, meliputi:

  • Filter sedimen dengan ketebalan 5 mikron, untuk menyaring kotoran, karat, dan pasir yang mempengaruhi bau, rasa dan warna.
  • Filter sedimen dengan ketebalan 1 mikron, pada proses ini zat padat yang larut dalam air akan hilang.
  • Filter block activated carbon, berguna untuk menyaring bahan kimia, mengurangi rasa, bau dan warna yang mengganggu.
  • Membran reserve osmosis yang berfungsi untuk menyingkirkan bakteri serta virus;
  • Post carbon filter untuk menyingkirkan rasa dan bau.
  • Filter ultraviolet water sterilizer, yang didukung lampu UV dengan panjang gelombang 254 nm untuk membasmi mikroorganisme dan menghentikan proses produksinya secara cepat.
  • Filter infra red untuk memperbaiki tingkat oksigen, menghilangkan lemak, bahan kimia dan racun.
  • Filter mineral, berfungsi untuk memperbaiki kualitas air dengan menambahkan mineral yang berguna untuk kesehatan.

Selain itu, kelebihan filter air RO sendiri cukup banyak dan manfaatnya dapat dirasakan oleh berbagai industri, karena dapat memiliki sumber air sendiri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Efektif dalam Menyaring Kontaminan

 Kelebihan filter air RO yang pertama adalah sangat efektif dalam menyaring mikroorganisme atau bakteri dan juga kontaminan lain yang terkandung di dalam air. Ukuran pori-pori membran sistem air RO juga sangat kecil, yaitu mencapai 0.0001 mikron. Dengan ukuran filter sekecil ini, penyulingan dapat menyaring bakteri atau virus yang umumnya berukuran 0.2 mikron.

2. Perawatan yang Cukup Mudah

Selain itu, kelebihan lain dari teknologi reverse osmosis adalah perawatannya yang tidak terlampau sulit. Anda cukup mengecek membran penyaringan dan pembersihan secara rutin. Jika membran sudah tidak layak pakai, cukup diganti saja dengan yang baru. Nah, ketika Anda menerapkan sistem RO ini dalam skala besar, misalnya untuk sektor industri Anda dan mengalami kebingungan tentang perawatannya, dengan menggunakan layanan yang ada pada Adika Tirta Daya, akan ada staf maintenance yang dapat membantu Anda kapan saja dibutuhkan.

3. Biaya yang Tidak Terlalu Mahal

 Jika dibandingkan dengan sistem penyulingan air lainnya, kelebihan filter air RO adalah biaya instalasinya yang tidak terlampau mahal. Anda cukup memasang mesin dengan sistem air RO dekat dengan sumber air atau saluran PDAM dan proses penyulingan air siap minum pun langsung dimulai. Artinya sistem RO ini, selain dapat diterapkan pada skala besar, dapat juga diterapkan pada skala kecil, seperti di lingkup rumah tinggal, asalkan dengan pemahaman teknis yang cukup.

4. Tersedianya Air Minum Setiap Saat

 Baik pada penerapan skala besar dan skala kecil, teknologi reverse osmosis ini sangat membantu. Misalnya, di beberapa sektor industri seperti properti, layanan publik atau industri sejenis lainnya, air minum pun selalu tersedia setiap saat. Walaupun waktu yang dibutuhkan untuk penyulingan memang cenderung lebih lama, tapi kualitasnya lebih terjamin. Kelebihan filter air RO ini memang cukup penting, karena Anda dapat memproduksi air minum sendiri tanpa bergantung pada sumber lainnya.

Dengan beberapa kelebihan filter air RO di atas sudah dipastikan perusahaan atau sektor industri Anda mampu menghasilkan air yang bebas dari bahan kimia maupun kontaminan yang membahayakan kesehatan seperti radium, merkuri, radium dan lain sebagainya. Jadi, siap untuk memasang sistem air RO sendiri? (Pradana)

This Post Has One Comment

Leave a Reply