7 Keuntungan Mengolah Air Limbah

Dari tahun ke tahun, pengolahan limbah seringkali menjadi permasalahan yang cukup serius, terutama yang berasal dari industri, kerap mencemari sungai atau sumber air milik warga. Bahkan menurut publikasi Statistik Lingkungan Hidup Indonesia dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2018 menyebutkan kalau mengolah air limbah sisa B3 (industri) belum diterapkan semua perusahaan, baru mencapai 40% dari target total 755,6 ton limbah pada tahun 2019.

Sehingga, pengetahuan mengenai cara mengolah air limbah masih sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan masa depan sumber daya di Indonesia, karena masih banyak perusahaan maupun masyarakat Indonesia belum sepenuhnya mengerti tentang pentingnya pengolahan ini. Padahal, saat ini sudah banyak cara pengolahan yang bisa dimanfaatkan, contohnya seperti pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Selain itu, sebenarnya ada cukup banyak keuntungan yang kita peroleh saat mengolah air limbah, baik itu limbah industri maupun limbah plastik yang saat ini sangat mudah ditemukan di mana-mana. Beberapa keuntungan tersebut antara lain adalah:

  1. Sumber Air Bersih Rumah Tangga yang Terjaga

Limbah industri seringkali akan dialirkan ke sumber pengairan warga seperti sungai atau danau. Dengan cara yang tepat, sumber yang digunakan masyarakat sekitar dapat terjaga dengan baik. Sehingga perusahaan pun bisa berjalan berdampingan tanpa khawatir dengan adanya kebocoran.

2. Dapat Digunakan untuk Irigasi Pertanian

Setelah proses filtrasi tahap akhir, dengan beberapa kondisi tertentu, sisa dari industri juga dapat dimanfaatkan untuk irigasi lahan-lahan pertanian, asalkan air tersebut sudah memiliki tingkat basa dan asam yang netral. Sehingga manfaat dari mengolah air limbah tidak hanya dirasakan perusahaan, tetapi juga warga sekitar.


3. Mencegah Penyebaran Penyakit Akibat Air Limbah

Perlu diketahui kalau sisa hasil industri B3 bersifat toksik atau beracun. Dengan adanya pengolahan tepat guna, air yang terkontaminasi racun dari industri dapat diminimalisir. Sehingga, secara tidak langsung Anda ikut berperan terhadap kesehatan masyarakat sekitar yang rentan terhadap adanya sisa industri tersebut.


4. Ketakutan Terhadap Sungai Kotor Menghilang

Manfaat dari mengolah air limbah juga dapat dirasakan masyarakat yang tinggal di sekitaran sungai. Dengan pengolahan yang tepat, masyarakat sudah tidak perlu takut lagi beraktivitas di sungai. Sehingga perekonomian juga lebih hidup dan sungai dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal.


5. Adanya Siklus yang Produktif untuk Industri

Tahukah Anda, air limbah industri yang diolah dengan benar juga dapat dimanfaatkan kembali oleh pabrik untuk berbagai kebutuhan, contohnya seperti produksi. Sehingga bisa digunakan kembali tanpa perlu takut lagi kekurangan sumber air bersih.


6. Dapat Meminimalisir Bengkaknya Biaya Produksi

Kebocoran limbah berpengaruh tidak hanya bagi masyarakat, tetapi juga untuk perusahaan. Ujung-ujungnya, perusahaan akan diminta bertanggung jawab untuk menetralisir kondisi sungai yang biayanya sangat besar. Dengan mengolah air limbah dengan benar, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut. Bahkan, Anda jadi memiliki sumber air bersih tanpa perlu bergantung dengan sumber lainnya.

7. Bisnis Berjalan dengan Lancar

Pada banyak kasus, perusahaan dengan produksi air limbah industri sering memicu protes. Dengan pengolahan yang benar, hal tersebut pun dapat dihindari dan bisnis dapat berjalan dengan lancar untuk jangka panjang.


Selain beberapa manfaat di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi keuntungan dari mengolah air limbah bagi kehidupan. Dengan melakukan pengolahan yang tepat, Anda bisa turut serta menjaga agar kehidupan generasi di bawah kita tetap terjamin. Dengan demikian, sumber daya yang dimiliki bisa terus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. (Pradana)

Leave a Reply