Amankah Alat Pemurni Air (Water Purifier)?

 Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan alat pemurni air yang berfungsi memfilter air yang keruh menjadi air layak minum bahkan tidak perlu dimasak. Bagi sebagian orang yang sudah pernah mencobanya, mengkin sudah merasakan manfaatnya akan tetapi bagi sebagian orang lainnya tentu akan ragu dalam mencobanya.

 

Lalu, bagaimana cara kerja alat pemurni air ini?

Alat pemurni air yang sering kita jumpai memiliki beberapa tahap penyaringan sehingga air tersebut layak, tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa untuk dikonsumsi. Ketika air kotor dituangkan kedalam alat pemurni ini, air akan melewati beberapa proses, diantaranya serat mikro agar menghilangkan kotoran di air, lalu difilter dalam karbon aktif untuk menghilangkan parasit atau pestisida yang ada, kemudian kuman  atau bakteri yang ada dalam air dibunuh menggunakan prosesor pembunuh kuman untuk akhirnya melewati tahap penjernihan yang nantinya akan menghasilkan air yang jernih dan tak berbau.

 

Diantara banyaknya alat pemurni air dengan teknologi yang sudah canggih. Kita juga bisa membuat alat pemurni air sederhana sendiri loh dirumah. Dengan bahan-bahan diantaranya:

  1. Batu
  2. Ijuk
  3. Pasir Halus
  4. Arang
  5. Kerikil

 

Buat tempat yang cukup untuk menampung bahan-bahan diatas. Kemudian, cuci bersih bahan-bahan dan tempat yang akan digunakan. Lalu taruh bahan-bahan yang sudah dibersihkan seperti pada gambar dibawah ini.

Air keruh yang kita masukan, akan mengendap dan akan melewati proses penyaringan dengan bahan-bahan yang sudah dimasukan kedalam wadah berdasarkan urutannya. Hal ini akan membuat air keruh yang dimasukan bisa menjadi jernih karena adanya penyaringan yang nantinya air tersebut akan difilter melalui bahan-bahan diatas.

 

Lalu, amankah apabila kita menggunakan alat pemurni air  (water purifier) untuk dikonsumsi?

Alat pemurni air dengan berbagai merek sudah diperjual belikan di Indonesia. Anda bisa membeli alat yang sudah tersedia maupun membuat alatnya dengan buatan anda sendiri, memang tidak menutup kemungkinan air dari alat pemurni buatan sendiri yang dihasilkan akan selalu bagus dan jernih. Tetapi alat ini cukup efektif dalam membuat air dirumah anda yang sebelumnya keruh menjadi  lebih jernih.

Untuk alat yang sudah menggunakan teknologi canggih dengan adanya sinar UV, sudah pasti aman untuk di konsumsi karena sinar UV ini bisa menghilangkan kuman, parasit serta bakteri pada air. Sehingga air akan lebih aman untuk diminum langsung. Lalu perawatan pada alat tersebut haruslah rajin dibersihkan agar kotoran dari sisa air yang di filter tidak menumpuk dan akan menyebabkan air yang dihasilkan berbau tidak sedap.

 

Selain itu, bagi anda yang mempunyai alat pemurni air  (water purifier) buatan anda sendiri meski lebih hemat sebaiknya diselingi untuk dimasak terlebih dahulu agar lebih layak dikonsumsi. Karena kita tidak akan tahu apakah bakteri, kuman maupun virus yang terdapat pada air tersebut sudah hilang. Jadi bisa saja anda gunakan untuk menjernihkan air pada tempat anda yang sedang keruh airnya. Air yang jernih juga tak menjamin tak ada bakteri atau kuman didalamnya, karena hanya melalui proses penyaringan yang sederhana. 

Leave a Reply