4 Perbedaan STP (Sewage Water Treatment) dan Septic Tank

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Dalam sistem pengolahan limbah, mungkin masih ada yang bertanya-tanya di antara kita, apakah perbedaan septic tank dengan STP? Inilah 4 perbedaan septic tank dan STP yang kami identifikasikan:

  1. Kualitas hasil buangan (effluent)

Sewage Treatment Plant atau biasa dikenal dengan STP adalah sebuah sistem pengolahan limbah menjadi hasil buangan yang memenuhi baku mutu air. Inilah yang menjadi perbedaan mendasar dengan septic tank, di mana limbah yang masuk hanya berakhir ditimbun saja, tanpa proses pengolahan yang bisa dimanfaatkan kembali oleh lingkungan.

  1. Proses

Dalam pengolahannya, STP memanfaatkan bahan kimia atau biologis yang disesuaikan dengan polutan limbah yang akan dirubah menjadi air berbaku mutu. Sementara itu, septic tank menggunakan bakteri anaerob untuk ‘mencerna’ timbunan limbah padat hingga 70%, sehingga fungsinya bukan untuk mengolah air sesuai baku mutu yang ditetapkan pemerintah.

  1. Penggunaan listrik

Septic tank memang tidak membutuhkan listrik, dan sebagian besar STP membutuhkan listrik. Semakin banyak tahapan pengolahan limbah di sistem STP, bertambah pula alat yang menggunakan listrik, mulai dari pompa, blower, panel, dan lain sebagainya. Konsultasikan penggunaan listrik ini sebelum menggunakan sistem STP di lingkungan Anda.

  1. Kapasitas dan Peruntukan di Domestik

Septic tank hanya diperuntukkan bagi domestik skala kecil karena penimbunan limbah di dalamnya dapat mencemari lingkungan jika kapasitasnya melebihi kemampuan. Mengacu pada Permen LH no. 5 tahun 2014 tentang Baku Mutu Air, domestik yang diharuskan mengolah limbahnya menjadi baku mutu air antara lain kawasan pemukiman, perkantoran, perniagaan, apartemen, asrama berpenghuni 100 orang atau lebih, dan rumah makan dengan luas bangunan lebih dari 1000 meter persegi.

Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaan antara septic tank dengan STP? Memiliki sistem STP bukanlah pilihan, tapi sudah menjadi kebutuhan bagi para pelaku industri dan niaga. Segera hubungi [email protected] dan kami akan membantu menyelesaikan masalah pengolahan limbah Anda.

Adika Tirta Daya, your smart water treatment solution.

Leave a Reply