Untuk memenuhi kebutuhan air bersih dalam kegiatan industri maupun perusahaan, jasa pengolahan air limbah dapat diterapkan pada industri dan perusahaan dengan lingkup pekerjaan sebagai berikut:

UMPAN BOILER

Air yang digunakan untuk boiler feed (umpan boiler) pada pembangkit uap membutuhkan tingkat kemurnian yang tinggi. Kualitas air atau design sistem yang buruk akan berujung pada peningkatan perawatan dan down-time. Melalui proses pengolahan air yang tepat, akan dapat dihasilkan air dengan kualitas yang memadai untuk boiler feed (umpan boiler), meskipun sumber air yang digunakan bisa jadi bervariasi.

Proses Pemurnian Air Umpan Boiler

Kontaminan utama yang harus dikeluarkan adalah mineral keras, besi, silika, natrium dan klorida. Proses pre-treatment akan melakukan pengkondisin awal dari air sebelum proses Reverse Osmosis (mengurangi jumlah padatan terlarut). Proses pre-treatment umumnya terdiri dari koagulasi (coagulation), flokulasi (floculation), klarifikasi (clarification), penyaringan pasir (sand filter), dan sebagainya.

Kriteria Air Boiler Feed

 Boiler > 0.5 to 20*Boiler > 20*Air pengganti
Nilai pH pada 25 °C> 9.2> 9.2> 7.0
Konduktivitas pada 25 °C [µS/cm]< 6000< 3000< 1500
Kesadahan total (Ca + Mg) [mmol/L]< 0.01< 0.01< 0.05
Besi [mg/L]< 0.3< 0.1< 0.2
Tembaga [mg/L]< 0.05< 0.03< 0.1
Silika [mg/L]pressure-dependent
Oksigen [mg/L]< 0.05< 0.02
Minyak/lemak [mg/L]< 1< 1< 1
Zat Organik**

* Tekanan pengoperasian [bar]
** Zat organik dapat terurai menjadi produk yang meningkatkan konduktivitas asam, korosi, dan deposit. Selanjutnya, zat tersebut akan membentuk busa dan/atau deposit. Konsentrasi zat organik dalam air umpan boiler harus dijaga serendah mungkin.

MAKANAN DAN MINUMAN

Industri minuman dalam kemasan selalu memiliki kebutuhan akan air bersih yang tinggi. Terdapat ratusan industri minuman dalam kemasan di Indonesia yang memproduksi jutaan liter minuman setiap harinya. Setiap industri tersebut memiliki standar yang berbeda-beda mengenai kemurnian air yang mereka butuhkan, dan Adika Tirta Daya selalu siap untuk menyesuaikan solusi pengolahan air untuk memenuhi standar yang Anda miliki.

Proses Pemurnian Minuman Kemasan

Proses pembuatan minuman dalam kemasan biasanya dimulai dengan air, baik dai air tanah atau air permukaan sebagai bahan dasarnya. Sumber air seperti ini tentunya tidak dapat langsung diminum, maka diperlukan proses pengolahan air (Water Treatment) dengan menggunakan metode Reverse Osmosis agar air dapat dijadikan bahan dasar yang layak diminum. Setelah air hasil olahan dengan jumlah yang besar siap, perusahaan akan menambahkan kombinasi yang unik dari mineral, logam, karbon dioksida (soda), gula, sirup, dan pewarna makanan untuk menciptakan minuman kemasan yang banyak disukai. Setelah larutan tercampur secara merata, pengemasan ke dalam botol atau kaleng tertutup dan pengiriman akan dilakukan.

RUMAH SAKIT

Sistem Water Treatment yang kami miliki dan kelola dikendalikan oleh sebuah standar yang ketat untuk setiap jenis aplikasi, termasuk pada saat digunakan pada industri kesehatan seperti rumah sakit. Sistem Reverse Osmosis sangat sesuai untuk menghasilkan air dengan tingkat kemurnian yang tinggi bagi kebutuhan harian ataupun pengolahan limbah rumah sakit.

Aplikasi di Rumah Sakit

Bagi setiap rumah sakit, menjadi sebuah kebutuhan yang sangat vital untuk memiliki sumber air yang kebersihannya dapat diandalkan. Setiap elemen yang terlibat, seperti dokter, pasien, dan staf membutuhkan air yang dapat diandalkan kualitasnya dalam penggunaan harian, mulai dari proses pencucian alat medis, desinfektan produk, pembersihan luka, air minum, dan sterilisasi sebelum prosedur medis. Adika Tirta Daya dapat menyediakan sistem air dengan tingkat kemurnian yang tinggi, disesuaikan untuk memenuhi standar dan persyaratan rumah sakit yang ketat.

Selain itu, sesuai dengan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 58 Tahun 1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair Bagi Kegiatan Rumah Sakit, mengharuskan bahwa setiap industri kesehatan, terutama rumah sakit dapat mengelola limbahnya terlebih dahulu sebelum dapat dibuang ke dalam saluran pembuangan kota. Kami memastikan bahwa setiap limbah cair yang dibuang oleh rumah sakit telah melalui pengkondisian yang sesuai dan aman untuk dibuang.

Selangkah lebih jauh, dengan menggunakan solusi Water Treatment Plant untuk menghasilkan Recycle Water dari Adika Tirta Daya, air sisa penggunaan tidak akan dibuang dengan sia-sia, namun dapat diolah kembali dan dimanfaatkan untuk flushingcooling tower, dan watering sehingga menghemat penggunaan air secara umum.

HOTEL

Industri perhotelan merupakan salah satu bentuk industri yang memiliki kebutuhan air bersih yang sangat besar setiap harinya. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa kebutuhan air bersih per kamar untuk hotel adalah pada kisaran 400 Liter per hari di luar kebutuhan internal bagi karyawan, operasional pegawai dan fasilitas lainnya seperti kolam renang. Untuk memenuhi kebutuhan ini, industri perhotelan dapat menggunakan air tanah atau PDAM sebagai penyedia kebutuhan air bersih.

Menjadi sebuah dilema tersendiri karena pemerintah Indonesia, terutama Jakarta, telah melakukan pembatasan dan pengaturan yang ketat terhadap penggunaan air bawah tanah melalui 3 perda, yaitu Perda No. 10 Tahun 1998, Perda No. 1 Tahun 2004 dan Perda No.8 Tahun 2007. Sementara di sisi lain, PDAM sebagai penyedia air bersih utama seringkali tidak mampu memberikan air bersih dengan kualitas dan kuantitas yang dipersyaratkan.

Sebagai sebuah industri berbasis jasa yang mengedepankan layanan, penggunaan air di industri perhotelan memiliki standar yang tinggi, baik itu sumber air yang digunakan, ataupun sisa air limbah yang akan dibuang. Adika Tirta Daya memberikan solusi terbaik bagi kedua hal ini.

  • Teknologi Reverse Osmosis yang dimiliki Adika Tirta Daya mampu menyediakan air bersih yang layak digunakan bagi kebutuhan sehari-hari di hotel, bukan hanya air dengan kualitas yang memadai, namun juga dengan kuantitas yang terjamin.
  • Memanfaatkan konsep Water Recycle, air hasil pengolahan ulang dapat dimanfaatkan untuk keperluan flushingcooling tower, dan watering.

TAMBANG

Industri tambang menyediakan banyak hal, mulai dari minyak, batu bara serta bahan mentah untuk pembuatan logam. Tanpa adanya industri tambang, teknologi akan sulit untuk bergerak maju, begitu juga dengan industri lain yang terkait. Terlepas dari betapa pentingnya industri ini, sejumlah besar kekhawatiran timbul karena pertambangan juga menimbulkan risiko kesehatan, keselamatan, dan lingkungan yang ekstrim sehingga semua perlu ditangani.

Sistem Membran

Salah satu permasalahan terbesar yang muncul sebagai dampak dari industri pertambangan adalah limbah cair. Industri tambang untuk logam dan garam umumnya menghasilkan limbah cair dengan jumlah yang sangat banyak, dan seringkali mengandung bahan asam yang dapat memberikan pengaruh negatif pada lingkungan sekitar atau bahkan menjadikan sumber air menjadi beracun. Solusi sistem membran dari Adika Tirta Daya dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pemurnian air yang melakukan pengolahan limbah cair hingga aman dan tidak berpengaruh buruk bagi lingkungan sekitar. Selain itu, sebagian besar air yang telah melalui proses recycle ini juga akan dapat digunakan kembali dalam operasi penambangan yang sama sehingga menjadi penghematan yang signifikan bagi industri terkait.

PERKOTAAN

Sistem pengolahan air bersih di sebuah kota biasanya memiliki kapasitas yang besar, dan dengan kapasitas tersebut, sangat sulit bagi mekanisme konvensional untuk dapat menghasilkan air bersih yang berkualitas. Selain itu, sistem pengolahan air kota memiliki tantangan tambahan, dimana sumber air baku yang digunakan tidak dapat dikendalikan sehingga bisa jadi membutuhkan perlakuan yang berbeda seiring dengan waktu. Adika Tirta Daya memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem pengolahan air (Water Treatment Plant) dengan skala kecil, menengah ataupun besar. Menggunakan rancangan sistem yang sesuai dan SOP yang telah teruji kehandalannya, kami memilki keyakinan yang tinggi untuk dapat menyelesaikan permasalahan air dengan skala kota.

OFFSHORE

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia bisnis dan industri offshore, desalinasi air laut memilki peran yang semakin menonjol. Berbagai jenis kapal dengan skala besar dan berbagai tujuan pastinya memerlukan air untuk tenaga, proses pendinginan, fasilitas (makanan, air minum, grey water), dan bahkan untuk bantuan bagi bencana.

Penyaringan Air Laut

Sistem Reverse Osmosis Adika Tirta Daya adalah sebuah solusi yang tepat untuk memurnikan air laut (air asin) dan menyediakan air bersih untuk kebutuhan offshore Anda. Reverse osmosis selain memiliki angka recovery rate yang tinggi dalam hal mengolah air laut, juga tidak membutuhkan energi yang besar sehingga metode ini menjadi semakin menarik untuk diinvestasikan. Adika Tirta Daya memiliki solusi yang lengkap dengan dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta skala bisnis Anda.

ENERGI

Air Boiler Feed

Air untuk umpan Boiler Feed harus memiliki karakteristik yang sedekat mungkin dengan air murni agar maksimal dalam penyerapan panas. Boiler bekerja dengan cara memanaskan air untuk kemudian mengubahnya menjadi uap yang sangat panas. Pada proses ini, kotoran seperti mineral dan gas dalam air dapat menyebabkan efisien menjadi turun, aus pada generator, dan korosi pada peralatan yang terpapar padanya. Oleh karena itu, menjadi hal yang sangat kritis untuk memastikan bahwa air yang digunakan dalam Umpan Boiler memiliki tingkat kemurnian setinggi mungkin. Teknologi Reverse Osmosis yang dibangun oleh Adika Tirta Daya akan membantu Anda untuk mencapai tingkat kemurnian tersebut.

Water Cooling

Air dengan tingkat kemurnian tinggi menyerap panas dalam jumlah yang lebih besar, sehingga sangat baik untuk menghantarkan panas dari atau ke generator. Banyak jenis motor dan generator listrik yang menghasilkan sejumlah besar panas pada saat beroperasi yang bisa bersifat merusak apabila tidak dibuang. Menggunakan teknologi Reverse Osmoses, kami akan membantu Anda untuk mengolah kembali air sisa penggunaan sehingga dapat dimanfaatkan untuk Cooling Tower dan menghasilkan energi yang lebih baik.

PUSAT PERBELANJAAN

Pusat perbelanjaan sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan saat ini. Berbeda dengan beberapa dekade yang lalu, dimana ukuran pusat perbelanjaan hanya beberapa ribu meter persegi saja, saat ini pusat perbelanjaan yang terintegrasi bisa jadi didirikan di atas tanah dengan luas puluhan hektar. Dengan konsep one-stop-shopping yang serba terintegrasi, sebuah pusat perbelanjaan masa kini seringkali mengintegrasikan hunian apartment di dalamnya, ratusan kedai makanan, dan bahkan kolam renang sebagai fasilitas hunian di dalamnya.

Modernisasi ini tentu bukan tanpa konsekuensi, metode pengelolaan air yang dulunya sederhana, menjadi jauh lebih rumit dan menantang dengan konsep integrasi ini. Tidak lagi cukup hanya dengan menggunakan bantuan teknologi, tanpa penanganan operasional yang tepat, teknologi tidak akan memberikan hasil yang optimal. Adika Tirta Daya telah memiliki pengalamanlebih dari 10 tahun dalam mengatasi permasalahan air pusat perbelanjaan. Solusi yang kami berikan akan memastikan manajemen terbebas dari beban pengelolaam STP, namun juga pada waktu yang sama menikmati air recycle dengan kualitas setara atau bahkan lebih baik dari PDAM dengan harga yang jauh lebih kompetitif.

KAWASAN KOMERSIAL

Untuk mendukung dunia industri yang semakin bergerak cepat dan dinamis, saat ini telah banyak berdiri kawasan industri atau kawasan komersil baik dengan skala kecil ataupun besar. Tentunya semakin besar sebuah kawasan komersial, maka akan semakin besar pula kebutuhan air bersih, dan di sisi lain semakin banyak pula limbah cair yang dihasilkan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2014 tetang Baku Mutu Air Limbah menyatakan bahwa setiap limbah cair industri harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan sebelum dapat dibuang ke saluran pembuangan kota.

Adika Tirta Daya dapat membantu Anda dalam memastikan bahwa limbah cair yang dibuang telah memenuhi aku Mutu Air LImbah, bahkan lebih baik lagi, dengan menggunakan metode Water Recycle berbasis Reverse Osmosis, kami akan mengolah kembali air limbah yang ada, shingga dapat digunakan kembali untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu seperti flushing, cooling tower dan watering.