SAVE WATER SAVE FUTURE

Jakarta adalah salah satu kota terbesar di Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa. Setiap penduduknya sering menggunakan air untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari untuk minum, mencuci, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Dimana 40 persen ketersediaan air bersih masyarakat masih belum menikmati air bersih sepenuhnya. Hidup di perkotaan dengan hiruk pikuk polusi dan pencemaran yang terjadi. Salah satunya pencemaran air sungai yang sering kita jumpai di berbagai tempat yang ada di Jakarta, ada beberapa yang sudah tidak bisa di manfaatkan lagi.

Banyak masyarakatnya yang tidak peduli akan kelestarian sumber daya alam khususnya di air. Akibatnya beberapa daerah di Jakarta, masyarakatnya mengalami kekurangan air bersih. Padahal ketika ditelusuri terdapat beberapa sungai yang ada di Jakarta dimana 60 persennya sudah tercemar berat.

cr: mediaindonesia.com

 

Diantaranya sudah tercemar air limbah pabrik dan limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai.  Padahal ketika kita membuang limbah-limbah ke sungai, sungai menjadi tercemar dan akhirnya sudah tidak dapat dipakai lagi. Akibatnya justru malah merugikan masyarakat Jakarta itu sendiri, mulai dari kekurangannya air bersih, sumber penyakit dan banjir.

Upaya yang dilakukan Pemprov DKI yaitu dengan melakukan normalisasi sungai pada tiap-tiap sungai yang tercemar di Jakarta. Normalisasi sungai yaitu sebuah usaha yang dilakukan untuk mengembalikan sungai ke fungsi awalnya.

Saat sungai sudah mulai dangkal maka dibutuhkannya pengerukan untuk memperlebar dan memperdalam kapasitas sungai, lalu dipasangkannnya batu kali agar dinding sungai mengalami pengerasan, dilakukannya pembangunan sudetan berupa sungai baru dengan lintasan terpendek yang lurus dan membangun tanggul dengan menimbun tanah atau dinding beton memanjang di Kawasan yang rawan akan banjir.

Diharapkan normalisasi ini akan terus berlangsung untuk memperbaiki sungai-sungai di Jakarta yang sudah tercemar. Tak hanya di Jakarta bahkan seluruh sungai di Indonesia yang sudah mulai tercemar. Karena dampaknya nanti akan dirasakan oleh cucu-cucu kita nantinya. Akan tetapi upaya yang pemerintah lakukan tak akan ada gunanya kalau kita sebagai masyarakatnya tidak ikut serta  mendukung dan melestarikan sumber daya alamnya. 

Mulailah dengan tidak membuang sampah pada sungai atau di tempat yang tidak semestinya. Jangan terlalu membuang-buang air, gunakan air seperlunya karena banyak orang-orang di luar sana yang hidup dengan keterbatasan air yang bersih. Jagalah selalu sumber air di daerahmu yang masih terawat untuk kelangsungan masa depan bangsa.

Selamatkan air kita untuk masa depan yang lebih baik.

 

Save water save future .

Leave a Reply